Senin, 26 Februari 2018

Jurnal pembelajaran, Jurnal mengajar  (learning journal) banyak juga yang mengatakan pula jurnal reflektif ( refleksi pembelajaran ) adalah  sebuah dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh seorang pembelajar untuk mencatat setiap kejadian tentang perkembangan dan kemajuan pembelajaran.

Jurnal pembelajaran juga merupakan : 
  • Ringkasan materi pelajaran, tetapi lebih fokus pada reaksi terhadap apa yang sedang dan telah dipelajari atau dibaca.
  • katalog belajar yang berisi peristiwa belajar yang dialami si pembelajar, tetapi merupakan catatan refleksi dan pemikiran atas apa apa yang sedang dan telah dipelajari
Isi dalam jurnal pembelajaran dapat berupa: 
  1. Mencatat hal-hal yang menarik dan ingin ditindaklanjuti secara lebih dalam dari suatu buku atau artikel yang dibaca..
  2. Mencatat pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak seputar topik materi yang dibaca atau dipelajari.
  3. Mencatat tentang hal-hal utama yang baru saja diketahui dari bahan yang telah dipelajari. Dalam hal ini, terlebih dahulu upayakan mencatat dengan tanpa melihat bahan bacaan, setelah itu baru kemudian bandingkan dengan bahan bacaan yang dipelajari. Untuk memastikan apakah sudah benar-benar mampu mengingat dan memahaminya secara tepat.
  4. Mencatat bahan yang relevan dari sumber lain yang telah dibaca, seperti artikel dalam surat kabar.
  5. Mencatat tentang apapun yang telah temukan terkait dengan materi yang sedang dipelajari atau dibaca, dalam bentuk satu atau dua kalimat dan menuliskan bagaimana menemukannya.
  6. Mencatat tentang refleksi atas apa yang telah dipelajari, hingga sejauhmana telah dapat memenuhi kebutuhan belajarnya.
  7. Mencatat tetntang cara belajar yang dilakukan berkaitan dengan apa yang dipelajari dengan cara yang berbeda.
  8. Mencatat pemikiran yang belum sepenuhnya terpuaskan dan ingin diperbaikinya lebih lanjut, di dalamnya dapat mencakup refleksi perasaan dari apa yang dipelajarinya, kemajuan belajar, dan teori-teori yang berkembang dalam pikirannya.
Beberapa format jurnal pembelajaran dapat di lihat di sini :


Jurnal Harian Kurikulum 2013







































Format Jurnal Mengajar :


















Format Jurnal Kelas :














Apabila menginginkan format-format Jurnal tersebut di atas bisa di unduh pada tautan link sebagai berikut :

1. Format Jurnal Kelas            >>> ( Unduh )
2. Format Jurnal Mengajar    >>> ( Unduh )
3. Format Jurnal Harian Kurikulum 2013   >>>( Unduh )


Pada poin materi yang di bahas saat ini keterkaitan jurnal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan serangkaian yang tidak dapat dipiisahkan, karena merupakan satu kesatuan kegiatan, sehingga RPP akan berhubungan erat dengan jurnal mengajar. Pada saat guru menyusun format Jurnal harian selalu berbeda format, tergantung dengan kemauan dan kemampuan masing-masing guru, seperti halnya kami kutip jurnal yang kami susun pada saat kami melaksanakan pembelajaran yang sederhana sebagai berikut.
  1. Nama Sekolah  : SD/MI
  2. Kelas/Semester : IV/II
  3. Hari/Tanggal         : ............
No
PB
KD
Uraian
Hasil
Keterangan
1
1
Isikan kode
Isikan uraian pada
Isikan Tindak lanjut yang akan dilaksanakan pada PB berikutnya




Dst



Link DownloadSoal Penilaian Harian K13 Kelas 1,2 4,5 Semester 2
Dengan adanya kecanggihan teknologi bapak dan ibu guru dapat membuat sesuai selera, namun tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan format yang lebih sempurna, dipersilakan sesuai kreasi masing-masing guru. Dan berikut ini kami sajikan contoh Jurnal Guru Mengajar Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013.
Demikian semoga materi Jurnal mengajar Guru Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 dapat dikreasikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan. Mohon maaf atas segala kekurangan, semoga tetap selalu berkunjung di blog ini dan akan membawa manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Bawah